Berdasarkan
perkembangan teknologi, media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam empat
kelompok, yaitu :
1)
Media Hasil Teknologi Cetak
Teknologi cetak adalah cara
untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual
statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis. Kelompok media
hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau representasi fotografik
dan reproduksi.
Teknologi cetak memiliki ciri-ciri berikut
:
Ø
Teks dibaca secara linier, sedangkan visual
diamati berdasarkan ruang;
Ø
Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi
satu arah dan reseptif;
Ø
Teks dan visua ditampilkan statis (diam);
Ø
Pengembangannya sangat tergantung kepada
prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual;
Ø
Baik teks maupun visual berorientasi (berpusat)
pada siswa;
Ø Informasi dapat diatur kembali atau ditata
ulang oleh pemakai.
2)
Media Hasil Teknologi Audio-visual
Teknologi audio-visual cara
menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis
dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pengajaran
melalui media audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama
proses belajar, seperti mesin proyektor film, tape recorder, dan proyektor
visual yang lebar. Jadi, pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan
penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta
tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol yang
serupa.
Ciri-ciri
utama teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut :
Ø
Mereka biasanya bersifat linear;
Ø
Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis;
Ø
Mereka digunakan dengan cara yang telah
ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatanya;
Ø
Mereka merupakan representasi fisik dari gagasan
real atau gagasan abstrak;
Ø
Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis
behaviorisme dan kognitif;
Ø
Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan
tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.
3)
Media Hasil Teknologi yang Berdasarkan Komputer
Teknologi berbasis Komputer merupakan
cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang
berbasis mikro-prosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi
berbasis komputer dengan yang dihasilkan dari dua teknologi lainnya adalah
karena informasi/materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk
cetakan atau visual.
Beberapa
ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis komputer (baik perangkat keras
maupun perangkat lunak) adalag sebagai berikut:
Ø
Mereka dapat digunakan secara acak,
non-sekuensial, atau secara linear;
Ø
Mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan
siswa atau berdasarkan keinganan perancang/pengembang sebagaimana
direncanakannya;
Ø
Biasanya gagasan-gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata,
symbol, dan grafik;
Ø
Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk
mengembangkan media ini;
Ø
Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan
melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.
4)
Media Hasil Gabungan Teknologi Cetak dan Komputer
Teknologi gabungan adalah
cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian
beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer.
Beberapa ciri utama teknologi gabungan adalah:
Ø
Ia dapat digunakan secara acak, sekuensial,
secara linear;
Ø
Ia dapat diguanakan sesuai dengan keinginan
siswa bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh
perancangnya;
Ø
Gagasan-gagasan sering disajikan secara
realistic dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan
siswa, dan di bawah pengendalian siswa;
Ø Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme
diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;
Ø Pembelajaran ditata dan terpusat pada
lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan;
Ø
Bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak
interaktivitas siswa;
Ø
Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual
dari berbagai sumber.
No comments:
Post a Comment